- Back to Home »
- Artikel »
- Adu kreatif di Kickfest
SALAH satu kegiatan akbar dalam ekonomi kreatif pemuda adalah
kickfest, pameran pakaian lokal. Tak sembarang produsen pakaian lokal
dapat mengikuti ajang ini. Kreatif dan inovatif merupakan syarat mutlak
bagi produsen yang mengikuti ajang ini. Setiap produsen pakaian lokal
yang mengikuti kickfest tentu memiliki penggemar masing-masing. Konsep
model dan desain pakaian menjadikan senjata utama setiap produsen.
Potongan harga dan berbagai bonus ditawarkan demi menarik pengunjung
membeli produk.
Itu yang terjadi pada awal September 2014 lalu di lapangan Rampal,
malang, tempat Kickfest digelar. dihelat di kota Malang. Tanda masuk
sebesar dua puluh ribu per orang, Kickfest dipadati pengunjung yang
sebagian besar anak muda. Gaya serta dandanan pengunjung Kickfest
beragam dan modis. Mereka memanfaatkan Kickfest untuk mengekspresikan
lewat fashion. Rutin dihajat di Malang, Kickfest setiap tahun memiliki
tema berbeda. Kali ini mengambil tema the carnival yang
diinterpresentasikan dengan bianglala dan tong edan. Tong edan adalah
atraksi sepeda motor memutari tong raksasa tanpa jatuh ke dasar tong.
Gambar keramaian Kickfest |
Aneka minuman dan jajanan di kickfest pun tak kalah kreatif dan inovatif. Beberapa franchise lokal terlihat melayani pembeli yang selalu ramai. Berbagai komunitas dan band musik turut meramaikan kickfest. Kickfest lebih dari sekadar pameran pakaian lokal. Lebih dari itu kickfest merupakan bentuk semangat dari ekonomi kreatif. Terbukti pengunjung selalu memadati kickfest untuk berburu pakaian lokal dan menikmati makanan lokal. Pengemasan pakaian lokal dalam fashion yang kreatif dan inovatif terbukti dapat menarik pemuda sebagai produsen maupun konsumen.
Makanan dan minuman sederhana seperti cilok, es teh dan berbagai jajanan lainnya mampu dijadikan franchise bergengsi. Semangat berkreasi dengan kreatif dan inovatif inilah yang diharapkan mampu mendongkrak ekonomi kreatif Indonesia. Antusiasme pemuda telah terbukti dalam ekonomi kreatif. Kini tugas pemerintah mengarahkan pemuda ke ekonomi kreatif sesuai yang diharapkan di pasar bebas ASEAN 2015 mendatang. Ayo semangat ekonomi kreatif Indonesia.
Artikel dimuat pada harian surya cetak dan online
http://surabaya.tribunnews.com/2014/09/23/adu-kreatif-di-kickfest